Tanya Jawab Tentang Khoiru Ummah





STP KHOIRU UMMAH SECARA UMUM

Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah

Sekolahnya Penghafal Qur'an dan Pemimpin Masa Depan

Sejak tahun 2013 Khoiru Ummah telah hadir di berbagai wilayah di Indonesia. Tahun 2017 Khoiru Ummah hadir dengan logo baru, semangat baru dengan sebutan Sekolah Tahfizh Plus (STP) Khoiru Ummah.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SEKOLAH TAHFIZH PLUS

Sekolah
  • Menunjukkan komitmen yang serius untuk menjadikan STP Khoiru Ummah sebagai tempat mendidik anak sesuai target yang telah dicanangkan.

Tahfizh
  • Merujuk pada ciri khas STP Khoiru Ummah sebagai lembaga pendidikan Qur'ani yang menjadikan Tahfizhul Qur'an sebagai kurikulum dasar. Tahfizhul Qur’an juga menjadi aktivitas harian di sekolah maupun di rumah.

Plus
  • Plus Kurikulum Berbasis Aqidah Islam. Aqidah Islam menjadi dasar dalam merumuskan kurikulum STP Khoiru Ummah mulai dari level TK-SD-SMP-SMA. Penetapan kurikulum, output, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, materi pembelajaran, sampai cara penanganan anak, semuanya didasarkan pada konsep yang digali dari pemikiran Islam.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa visi dan misi STP Khoiru Ummah ?

VISI
STP Khoiru Ummah sebagai representasi institusi pendidikan berbasis Aqidah Islam, yang terdepan dalam melahirkan generasi pemimpin pembangun peradaban mulia (Islam).

MISI

  1. Mendidik generasi muslim menjadi generasi pemimpin pembangun peradaban mulia.
  2.  Menyiapkan guru-guru menjadi teladan dan pendidik terbaik bagi anak didiknya.
  3. Mengembalikan peran orang tua sebagai guru pertama dan utama dalam mendidik anak-anaknya dan mensinergikannya dengan peran sekolah.
  4. Membangun sinergi dengan pemerintah dan lembaga-lembaga pendidikan Islam dalam melahirkan generasi pemimpin pembangun peradaban mulia
  5. Mensosialisasikan konsep pendidikan berbasis Aqidah Islam di tengah-tengah masyarakat.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Core Values “ALBIAH KU”

  • Al Qur’an, Bacaan dan AmalanKU
  • Bersih, Diri dan LingkunganKU
  • Ibadah, Sepanjang HayatKU
  • Ahsan Tutur Kata dan PerbuatanKU
  • Halalan Thoyyiban, Makanan dan MinumanKU

ALBIAH = Kebiasaan
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa target lulusan siswa yang sekolah di STP Khoiru Ummah?

Output STP Khoiru Ummah secara umum adalah:

  1. Berkepribadian Islam
  2. Faqih Fiddin (ahli dalam ilmu agama)
  3. Terdepan dalam sains dan teknologi (kreatif dan inovatif)
  4. Berjiwa pemimpin

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Output STP Khoiru Ummah Tingkat TK/RA :

1. Berkepribadian Islam (Syaksiyyah Islamiyyah)
  • Pola Pikir Islam (Aqliyah Islamiyah): terbentuk dasar-dasar kecerdasan akal. Diantaranya:
  • Mampu berkonsentrasi tinggi
  • Mampu fokus
  • Cermat dalam penginderaan
  • Cermat dalam identifikasi
  • Cermat menangkap informasi secara utuh
  • Sensitif terhadap kebenaran
  • Mudah memahami Kebenaran
  • Sensitif terhadap ayat-ayat Al-Qur’an
  • Sensitif terhadap hadits Rasulullah SAW
Pola Sikap dan Perilaku Islam (Nafsiyah Islamiyah): terbentuk dasar-dasar keshalihan. Diantaranya:
  • Mengagungkan Allah SWT
  • Meneladani Rasullah SAW
  • Terlatih taat kepada Allah dan Rasul-Nya
  • Terlatih bersyukur kepada Allah SWT
  • Terlatih beribadah kepada Allah SWT
  • Senang dan terbiasa tahfizhul Qur’an setiap hari
  • Senang menghafal Hadits
  • Terlatih sholat lima waktu
  • Terlatih berdzikir dan berdo’a setelah shalat
  • Terlatih berdzikir dan berdo’a dalam aktivitas sehari- hari
  • Terlatih berkata ahsan
  • Terlatih berakhlaq mulia
  • Terlatih makan dan minum yang halal dan thoyyib
  • Terlatih menutup aurat
2. Faqih Fiddin: terbentuk dasar-dasar Tsaqofah Islam.
  • Hafal Al-Qur’an juz 30 & 29 dan beberapa surat pilihan
  • Hafal bacaan shalat
  • Hafal dzikir dan doa sesudah shalat
  • Hafal 35 lafazh dzikir dan do’a dalam aktivitas sehari-hari.
  • Hafal 35 hadits (tentang iman, ibadah, makanan dan minuman, pakaian, akhlak, mu’amalah dan da’wah).
3. Terdepan dalam saintek: terbentuk dasar-dasar berfikir kreatif dan inovatif, diantaranya:

  • Senang dan terlatih mengamati obyek yang riil
  • Sensitif dan cermat dalam penginderaan
  • Cermat dalam identifikasi suatu objek
  • Senang dan terbiasa melakukan percobaan
  • Senang dan terbiasa mencoba sesuatu yang baru
  • Senang dan terbiasa berkarya


4. Berjiwa Pemimpin: terbentuk dasar-dasar kepemimpinan. Diantaranya:

  • Percaya diri tinggi
  • Mandiri
  • Peduli pada orang lain
  • Berani mengkritisi realitas yang tidak sesuai dengan kebenaran yang dipahami
  • Siap berkompetisi dalam kebaikan
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Output STP Khoiru Ummah Tingkat Dasar

1. Berkeperibadian Islam
  • Memiliki Pola Pikir Islami
  • Terbiasa berfikir dengan landasan aqidah Islam
  • Terlatih berfikir benar dalam perkara yang terkait dirinya, keluarganya, dan komunitasnya
  • Paham bahwa semua perintah Allah itu baik
  • Paham bahwa semua larangan Allah itu buruk
  • Paham apa saja yang menjadi kewajiban seorang muslim
  • Paham mana perbuatan baik mana perbuatan buruk
  • Paham mana yang benar dan mana yang salah
  • Terlatih menyelesaikan persoalan hidupnya berdasarkan Islam
  • Memiliki Pola Sikap Islam (Pola Sikap dan Perilaku)
  • Siap ta’at kepada Allah SWT dan Rasulnya dalam ibadah maupun aktivitas kehidupan sehari-hari
  • Terbiasa bersyukur kepada Allah SWT setiap mendapatkan nikmat
  • Terbiasa sholat lima waktu
  • Terbiasa tahfizhul Qur’an setiap hari
  • Terbiasa puasa Ramadhan
  • Terlatih sholat sunah rawatib, sholat duha, dan tahajjud
  • Terlatih shaum senin, kamis
  • Terbiasa bershodaqoh setiap jum’at
  • Terbiasa makan-makanan halal dan thoyyib
  • Terbiasa menutup aurat
  • Terbiasa berkata ahsan
  • Terlatih amar ma’ruf nahi munkar
  • Terlatih hidup teratur dengan pola hidup Islam

2. Faqih Fiddin

  • Terbentuk dasar-dasar faqih fiddiin
  • Hafal Al Qur’an minimal 6 juz dan beberapa surat pilihan
  • Hafal bacaan shalat
  • Hafal dzikir dan do’a sesudah shalat
  • Hafal 50 dzikir dan do’a dalam aktivitas sehari-hari
  • Hafal 125 hadits (tentang iman, ibadah, makanan)
  • Senang dan rajin belajar Bahasa Arab
  • Menguasai 500 kosa kata dalam Bahasa Arab
  • Mampu berkomunikasi sederhana dalam Bahasa Arab terkait aktivitas kehidupan sehari-hari
  • Mampu menulis cerita singkat dan sederhana dalam bahasa Arab terkait aktivitas kehidupan sehari-hari
  • Menguasai pemikiran dan hukum Islam terkait dengan iman, ibadah, akhlak, dakwah dan aktivitas kehidupan sehari-hari
  • Terlatih beramal berdasarkan ilmu
  • Terlatih berfikir sebelum berbuat

3. Terdepan Dalam Sains dan Teknologi (Berfikir kreatif dan inovatif terkait sarana-prasarana kehidupannya)
  • Terbiasa cermat dan detil dalam pengamatan suatu objek/peristiwa
  • Cermat dalam analisis peristiwa
  • Mampu mengambil kesimpulan dari rangkaian relitas beberapa objek/peristiwa
  • Mampu berfikir sistematis
  • Kuat dalam logika berfikir
  • Senang dan terlatih berkarya
  • Mampu dan terbiasa memilih alat-alat permainan yang kreatif
  • Mampu dan kreatif membuat mainan sendiri
  • Mandiri dalam pemenuhan kebutuhannya untuk hidup sehat dan berkah
  • Berjiwa produktif, tidak konsumtif dalam penggunaan sarana kehidupan (teknologi).
  • Menggunakan teknologi sesuai keperluan
  • Mampu berfikir kreatif terkait pemenuhan kebutuhannya dan pencapaian target-target keinginannya

4. Berjiwa Pemimpin
  • Bangga dengan keIslamannya
  • Mandiri dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan ibadah maupun aktivitas sehari-hari sesuai syari’at Islam
  • Berani berkata benar kepada komunitasnya
  • Teguh mempertahankan Islam yang diyakininya
  • Berani dan mampu memimpin
  • Berani dan terlatih amar ma’ruf nahi munkar dalam komunitasnya
  • Terlatih memberi pengaruh baik pada komunitasnya
  • Berani dan terlatih memimpin komunitasnya

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Output STP Khoiru Ummah Tingkat Menengah Pertama

1. Berkeperibadian Islam
  • Pola pikir (Aqliyah) Islamiyah :
  • Terbiasa berfikir benar
  • Terbiasa berfikir sistematis
  • Terbiasa berfikir solutif
  • Terlatih menyelesaikan problema kehidupannya sendiri, keluarganya, dan komunitasnya sesuai hukum syara
  • Pola sikap (Nafsiyah) Islamiyah :
  • Siap ta’at kepada Allah dalam setiap perkara
  • Senang dan terbiasa melaksanakan amal shalih dalam setiap urusannya.
  • Senang dan terbiasa melaksanakan kewajibannya
  • Senang dan terbiasa melaksanakan yang sunnah, setiap ada kesempatan
  • Benci dan terbiasa meninggalkan yang haram
  • Berhati-hati dalam memilih yang mubah
  • Terbiasa menghindari yang makruh
  • Terbiasa menjauhkan diri dari yang syubhat
  • Terbiasa menutup aurat secara sempurna
  • Terbiasa berkata yang ahsan
  • Terbiasa pola hidup Islam → pola hidup sehat, bersih, teratur dan berkah
  • Terbiasa amar ma’ruf nahi munkar dalam komunitasnya
2. Faqih Fidin
  • Hafal Al Qur’an minimal 10 juz, berproses menuju 15 juz sampai 30 juz
  • Hafal dzikir dan doa sesudah shalat
  • Hafal 60 dzikir dan do’a dalam aktivitas sehari-hari
  • Hafal 145 hadits (tentang iman, ibadah, makanan dan minuman, pakaian, akhlak, mu’amalah dan da’wah)
  • Menguasai 800 kosa kata dalam Bahasa Arab
  • Mampu berkomunikasi sederhana dalam Bahasa Arab terkait aktivitas kehidupan sehari-hari
  • Mampu menulis cerita singkat dan sederhana dalam Bahasa Arab
  • Menguasai pemikiran dan hukum Islam terkait ibadah, aktivitas sehari-hari, pergaulan, muamalah dan dakwah
  • Terbiasa melaksanakan amal shalih berdasarkan ilmu.
  • Terbiasa berfikir sebelum berbuat
  • Terbiasa menjadikan Ilmu sebagai petunjuk amal
  • Menjadi muqollid muttabi’: mengikuti suatu pemikiran setelah paham dalilnya
3. Terdepan Dalam Sains dan Teknologi
  • Berfikir kreatif dan inovatif dalam pemenuhan sarana- prasarana kehidupan
  • Kreatif dalam membuat sarana-prasarana kehidupan yang diperlukannya sehari-hari
  • Mampu memperbaiki sarana-prasarana kehidupan sehari-hari yang digunakannya apabila rusak
  • Menggunakan teknologi sesuai keperluan
  • Mengembangkan teknologi sederhana untuk sarana kemudahan belajar & hidup sehari-hari dalam komunitasnya
  • Mampu dan kretif membuat karya sendiri
  • Mandiri dalam pemenuhan kebutuhannya untuk hidup sehat
  • Berjiwa produktif, tidak konsumtif dalam penggunaan sarana kehidupan (teknologi).

4. Berjiwa Pemimpin
  • Mandiri dan bertanggung jawab dalam ibadah
  • Mandiri dan bertanggung jawab dalam beramal shalih
  • Mandiri dan bertanggung jawab dalam pemenuhan sarana- prasarana kehidupan sehari-hari
  • Teguh mempertahankan pemikiran/pemahaman Islam yang diyakininya
  • Aktif dalam amar ma’ruf nahi munkar
  • Berani menolak dan mencegah kemungkaran yang ada dalam komunitas dan keluarganya.
  • Aktif mempengaruhi orang lain dengan ideologi Islam
  • Berani dan mampu memimpin komunitas dan keluarganya
  • Berpengaruh baik pada komunitasnya

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Output STP Khoiru Ummah Tingkat Menengah Atas

1. Keperibadian Islam
  • Pola pikir (Aqliyah) Islamiyah :
  • Terbiasa berfikir benar, sistematis, dan solutif
  • Terlatih berfikir politis
  • Mampu menyelesaikan problema kehidupannya sendiri, keluarganya, komunitasnya, masyarakat dan negaranya sesuai hukum syara’

Pola sikap (Nafsiyah) Islamiyah :
  • Siap ta’at kepada Allah dalam setiap perkara
  • Senang dan terbiasa melaksanakan amal shalih dalam setiap urusannya.
  • Senang dan terbiasa melaksanakan kewajibannya
  • Senang dan terbiasa melaksanakan yang sunnah
  • Benci dan terbiasa meninggalkan yang haram
  • Berhati-hati dalam memilih yang mubah
  • Terbiasa menghindari yang makruh
  • Terbiasa menjauhkan diri dari yang syubhat
  • Terbiasa berkata yang ahsan
  • Terbiasa menutup aurat secara sempurna
  • Terbiasa pola hidup Islama, pola hidup sehat, bersih, teratur dan berkah
  • Terbiasa amar ma’ruf nahi munkar

2. Faqih Fidin
  • Hafal Al Qur’an minimal 20 juz menuju 30 juz
  • Hafal dzikir dan doa sesudah shalat
  • Hafal 60 dzikir dan do’a dalam aktivitas sehari-hari
  • Hafal 175 hadits (tentang iman, ibadah, makanan dan minuman, pakaian, akhlak, mu’amalah dan da’wah).
  • Menguasai 1000 kosa kata dalam Bahasa Arab
  • Mampu berkomunikasi sederhana dalam Bahasa Arab terkait aktivitas kehidupan sehari-hari
  • Mampu menulis cerita singkat dan sederhana dalam Bahasa Arab
  • Mampu membaca kitab gundul dan menterjemahkannya
  • Menguasai pemikiran dan hukum Islam terkait dengan ibadah, pergaulan, muamalah, dakwah, dan politik kenegaraan
  • Terbiasa melaksanakan amal shalih berdasarkan ilmu
  • Terbiasa berfikir sebelum berbuat
  • Terbiasa menjadikan Ilmu sebagai petunjuk amal
  • Menjadi muqollid muttabi’ mengikuti suatu pemikiran setelah paham dalilnya


3. Terdepan Dalam Sains & Teknologi
  • Mandiri dalam pemenuhan kebutuhannya untuk melaksanakan pola hidup sehat dan berkah
  • Mandiri dalam pemenuhan sarana-prasarana kehidupan, bebas dari ketergantungan kepada pihak lain
  • Kuat dalam logika berfikir
  • Berfikir kreatif dan inovatif dalam pemenuhan sarana- prasarana kehidupan manusia
  • Kreatif dalam membuat sarana –prasarana kehidupan yang diperlukan komunitasnya sehari-hari
  • Kreatif dalam memperbaiki sarana-prasarana kehidupannya yang rusak
  • Berjiwa produktif dalam penggunaan sarana kehidupan (teknologi). Menggunakan teknologi sesuai keperluan, bukan karena ikut-ikutan.
  • Mengembangkan teknologi sederhana untuk sarana- prasarana kehidupan komunitasnya dan masyarakat

4. Berjiwa Pemimpin
  • Mandiri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya
  • Mandiri dan bertanggung jawab dalam terhadap pemenuhan sarana- prasarana yang diperlukannya menjalankan kewajiban
  • Teguh mempertahankan pemahaman Islam yang diyakininya
  • Berani menolak dan mencegah kemungkaran yang ada dalam komunitas dan keluarganya.
  • Aktif mempengaruhi orang lain dengan ideologi Islam
  • Siap dan layak menjadi teladan yang baik bagi komunitas dan masyarakatnya
  • Siap dan layak menjadi Imam sholat di masyarakat
  • Aktif dan gigih mendakwahkan pemikiran Islam yang diyakininya
  • Terdepan dalam amar ma’ruf nahi munkar pada komunitasnya dan masyarakat
  • Berani dan mampu memimpin komunitas, keluarga dan masyarakatnya
  • Berpengaruh baik pada komunitas, keluarga dan masyarakatnya

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sudah berapa lama STP Khoiru Ummah berdiri?


  • Khoiru Ummah Pusat (di Bogor) berdiri sejak tahun 2004 dengan membuka program pendidikan untuk level PG-TK.
  • Pada tahun 2008 berdiri untuk level Sekolah Dasar (SD). 
  • Pada tahun 2010 dibuka program pendidikan level Sekolah Menengah Pertama (SMP). 
  • Pada tahun 2013 dibuka program pendidikan level Sekolah Menegah Atas (SMA). 
  • Pada tahun 2013 Khoiru Ummah telah membuka Cabang KU di beberapa daerah. 
  • Tahun 2017 Khoiru Ummah hadir dengan logo baru dan sebutan Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah. 
  • Hingga saat ini STP Khoiru Ummah telah hadir di berbagai wilayah di nusantara.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti apa gambaran pembelajaran di Khoiru Ummah?

Khoiru Ummah menerapkan metode pembelajaran yang mampu mencedaskan akal sekaligus mensholihkan jiwa anak. Ilmu diajarkan untuk dipahami anak, lalu diamalkannya.

Materi pelajaran diberikan sesuai tahap perkembangan anak. Ilmu yang diajarkan hanya yang diperlukan anak pada usia perkembangannya. Sehingga mudah dipahami, dan bisa diamalkan. Selanjutnya akan mempengaruhi perilaku anak.

Materi pembelajaran berbasis realitas yang terindera oleh anak, sehingga pembelajaran berproses membangun dan meningkatkan kemampuan berfikir anak.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti apa kurikulum STP Khoiru Ummah?

  • Kurikulum pendidikan di STP Khoiru Ummah adalah kurikulum berasaskan Aqidah Islam. 
  • Sebab aqidah Islam menjadi asas bagi kehidupan seorang Muslim, baik dalam kehidupan individu, keluarga maupun berbangsa dan bernegara. 
  • Aqidah Islam wajib menjadi standar penilaian bagi setiap muslim. 
  • Oleh karena itu semua materi pembelajaran yang diberikan, mulai dari pendidikan usia dini sampai sekolah menengah atas sesuai dengan aqidah Islam. 
  • Pelajaran tsaqofah asing yang bertentangan dengan aqidah Islam tidak diberikan. 
  • Pembelajaran Al Qur’an menjadi materi pokok pembelajaran, mulai dari menghafal Al Qur’an (Tahfizhul Qur’an), membaca Al Qur’an dengan tartil (Tahsinul Qur’an), memahami bahasa Al Qur’an (Bahasa Arab), memahami isi Al Qur’an (Tsaqofah Islam), dan memahami makna lafazh Al Qur’an (Tafsir Al Qur’an). 
  • Selanjutnya mempelajari apa yang diperintahkan Al Qur’an, yaitu As Sunnah (Al Hadits) serta kadar-kadar dan manfaat alam semesta ciptaan Allah SWT (saintek).

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa bedanya STP Khoiru Ummah dengan yang lain?

Ciri khas STP Khoiru Ummah antara lain:

  • Sekolah tahfizh plus kurikulum berbasis aqidah Islam .
  • Kurikulum disusun secara mandiri, semua materi pelajaran yang diberikan diarahkan untuk membangun kecerdasan akal dan keshalihan jiwa anak. Semua materi pembelajaran berbasis aqidah Islam.
  • Metode pembelajarannya: talqiyan fikriyan, ilmu diajarkan dalam rangka meningkatkan kemampuan berfikir anak, bukan sekedar menambah pengetahuannya.
  • Pendidikan di sekolah terintegrasi dengan pendidikan di rumah. Aktifitas di sekolah dan di rumah mengikuti pola hidup Islam. Sekolah juga mengarahkan dan mengontrol kegiatan harian siswa di rumah.
  • Orang tua berperan sebagai guru di rumah. Guru di sekolah berperan layaknya orang tua selama jam sekolah.
  • Orang tua berposisi sebagai guru pertama dan utama bagi anak-anaknya. Sekolah akan memberikan bekal ilmu, bimbingan dan arahan kepada orang tua untuk menjadi guru terbaik bagi anak-anaknya.

Apa keunggulan STP Khoiru Ummah dengan sekolah lain

  • STP Khoiru Ummah memiliki keunggulan dalam output yang dihasilkan yaitu berkepribadian Islam, faqih fiddin, terdepan dalam saintek dan berjiwa pemimpin. Output ini ditetapkan berdasarkan petunjuk dari Al Qur’an dan As Sunnah
  • STP Khoiru Ummah memiliki keunggulan dalam kurikulum, metode pembelajaran dan cara penanganan anak. Semuanya berbasis aqidah Islam.
  • Setiap materi pembelajaran yang diajarkan ke anak terintegrasi dengan Aqidah Islam. Tidak ada materi pembelajaran yang bertentangan dengan aqidah Islam.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa program unggulan STP Khoiru Ummah?

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Program Unggulan TK:

  1. Menjadikan Tahfizhul Qur’an sebagai aktifitas harian di sekolah maupun di rumah.
  2. Melatih anak melaksanakan pola hidup Islami (pola hidup sehat, teratur dan berkah) setiap hari

Jenis program untuk membangun pola hidup sehat :
  • Program makanan halal dan Thoyyib setiap hari
  • Senam sehat setiap hari sebelum mulai belajar
  • Program hidup bersih setiap hari
  • Outdoor activity seminggu sekali
Jenis program untuk membangun pola hidup berkah:
  • Belajar wudhu dan sholat setiap hari
  • Membiasakan dzikir dan doa sesudah shalat
  • Membiasakan dzikir dan do’a dalam aktivitas sehari-hari
  • Membiasakan berkata yang ahsan


Jenis program untuk membangun pola hidup teratur: Kegiatan Harian Siswa (KHS) yang sudah ditetapkan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali

    3. Membangun rasa percaya diri pada setiap anak. Jenis program:

  • Sering tampil di depan kelas
  • Sering memuji anak, tidak mencela anak
  • Fokus pada apresiasi keberhasilan anak, tidak fokus pada kesalahan anak
  • Panggung prestasi setiap bulan
  • Tampil di setiap forum pertemuan orang tua (diklat, seminar, parenting)
  • Kompetisi dalam program outdoor activity

   4. Membangun sinergi dengan orang tua. Pendidikan di sekolah terintegrasi dengan pendidikan di           rumah

Jenis program:
  • Program diklat dan parenting bagi orang tua (penyamaan persepsi tentang konsep pendidikan anak)
  • Pendampingan tahfizh dan kegiatan harian anak oleh orang tua dan dikontrol oleh sekolah
  • Pola komunikasi terbuka antara orang tua dan pihak sekolah

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Program Unggulan SD

  1. Menjadikan Tahfizhul Qur’an sebagai aktifitas harian di sekolah maupun di rumah.
  2. Melatih anak melaksanakan pola hidup Islami (pola hidup sehat, teratur dan berkah) setiap hari.

a. Jenis program untuk membangun pola hidup sehat :

  • Program makanan halal dan Thoyyib setiap hari
  • Senam sehat setiap hari (sebelum mulai belajar)
  • Program hidup bersih setiap hari
  • Outing secara berkala

b. Jenis program untuk membangun pola hidup berkah:

  • Tahfizhul Qur’an setiap hari (di sekolah dan di rumah)
  • Sholat dhuha dan sholat zhuhur berjamaah setiap hari
  • Membiasakan dzikir dan doa setelah sholat
  • Membiasakan berdoa ketika memulai dan mengakhiri setiap perbuatan
  • Membiasakan ibadah shaum Senin atau Kamis (kelas 4-6)
  • Membiasakan berkata yang ahsan
  • Membiasakan beramar ma’ruf nahi munkar dengan menggunakan ayat, hadits dan qaul hukamaa (perkataan bijak para ulama)
  • Latihan berqurban (pada saat Idul Qurban) dengan uang tabungan sendiri
  • Latihan menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa di bulan Ramadhan dengan uang tabungan sendiri
  • I’tikaf 3-5 hari pada 10 hari terakhir Ramadhan

c. Jenis program untuk membangun pola hidup teratur: Kegiatan Harian Siswa (KHS) yang sudah ditetapkan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali (fokus pada disiplin aktivitas)


    3. Membangun Jiwa kepemimpinan pada anak,

        Tahapannya :
  • Meningkatkan rasa percaya diri anak
  • Membangun sikap tanggung jawab anak pada setiap aktifitasnya
  • Melatih kemandirian pada setiap anak
  • Melatih kepemimpinan
        Programnya :

  • Sering tampil di depan kelas
  • Sering memuji anak, tidak mencela anak
  • Fokus pada apresiasi keberhasilan anak, tidak fokus pada kesalahan anak
  • Latihan diskusi kelompok
  • Tampil di setiap forum pertemuan orang tua (diklat, seminar, parenting)
  • Kompetisi dalam tahfizh setiap hari
  • Lomba tahfizh, cerdas-cermat, ceramah, berkarya secara berkala
  • Mabit seminggu sekali untuk kelas 4- 6
  • Latihan kepemimpinan dengan menjadi imam sholat, petugas apel Senin, pengurus kelas, pemimpin kelompok pada kegiatan MOS, sholat Jumat, kegiatan Ramadhan, piket kelas, dan kegiatan ekstra kurikuler
  • Jambore Nasional Khoiru Ummah (Jambore Qur’an KU)

     4. Membangun sinergi dengan orang tua. Pendidikan di sekolah terintegrasi dengan pendidikan di           rumah

         Jenis program:
  • Program diklat dan parenting bagi orang tua (penyamaan persepsi tentang konsep pendidikan anak).
  • Pendampingan tahfizh dan kegiatan harian anak oleh orang tua
  • Pola komunikasi terbuka antara orang tua dan pihak sekolah
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Program Unggulan SMP

  1.  Menjadikan Tahfizhul Qur’an sebagai aktifitas harian di sekolah maupun di rumah.
  2.  Melatih anak melaksanakan pola hidup Islami (pola hidup sehat, teratur dan berkah) setiap hari

      a. Jenis program untuk membangun pola hidup sehat :
  • Program makanan halal dan Thoyyib setiap hari
  • Senam sehat setiap hari (sebelum mulai belajar)
  • Program hidup bersih setiap hari
  • Outing secara berkala
  • Olah raga renang dan bela diri sebagai ekskul wajib

      b. Jenis program untuk membangun pola hidup berkah:
  • Tahfizhul Qur’an setiap hari
  • Sholat berjamaah di masjid/musholla setiap waktu
  • Membiasakan sholat sunnah (sholat rawatib, sholat tahajud, sholat dhuha) setiap hari
  • Membiasakan shaum sunnah (Senin dan Kamis, Rajab, Sya’ban, Syawal, ‘Arofah, Muharram)
  • Latihan berqurban (pada saat Idul Qurban) dengan uang tabungan sendiri
  • Latihan menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa di bulan Ramadhan dengan uang tabungan sendiri
  • I’tikaf minimal 10 hari terakhir Ramadhan

      c. Jenis program untuk membangun pola hidup teratur: Kegiatan Harian Siswa (KHS) yang                      sudah  ditetapkan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali (sudah diberlakukan disiplin               aktifitas dan disiplin waktu)


      3. Membangun jiwa kepemimpinan pada anak di skala komunitasnya
          Tahapannya :
  • Meningkatkan rasa percaya diri anak
  • Membangun sikap tanggung jawab anak pada setiap aktifitasnya
  • Melatih kemandirian pada setiap anak
  • Melatih kepemimpinan
      Programnya :
  • Boarding
  • Piket setiap hari
  • Melatih anak menjadi imam sholat
  • Membiasakan siswa presentasi di depan kelas di setiap pelajaran
  • Membiasakan siswa tampil di setiap forum pertemuan orang tua (diklat, parenting)
  • Lomba debat
  • Panggung orasi
  • Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ)
  • Class meeting setiap semester
  • Wisuda Tahfizh Qur’an 2x dalam setahun
  • Program ekstrakurikuler seminggu sekali
  • Berkemah dua kali setahun
  • Outing dua kali setahun
  • Bakti-sosial di tengah masyarakat
  • Enterpreneurship (kewirausahaan)
  • Jambore Nasional Khoiru Ummah (Jambore Qur’an KU)

     4. Membangun sinergi dengan orang tua. Pendidikan di sekolah terintegrasi dengan pendidikan di           rumah

     Jenis program:
  • Program diklat dan parenting bagi orang tua (penyamaan persepsi tentang konsep pendidikan anak).
  • Pola komunikasi terbuka antara orang tua dan pihak sekolah
  • Komunikasi sekolah dengan orang tua secara berkala (bulanan) tentang keadaan dan prestasi anak
  • Pendampingan orang tua dalam melaksanakan pola hidup Islam saat anak pulang ke rumah

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Program Unggulan SMA

  1. Menjadikan Tahfizhul Qur’an sebagai aktifitas harian di sekoalah maupun di rumah.
  2. Melatih anak melaksanakan pola hidup Islami (pola hidup sehat, teratur dan berkah) setiap hari

      a. Jenis program untuk membangun pola hidup sehat:

  • Program makanan halal dan thoyyib setiap hari
  • Olahraga pagi setiap hari (sebelum mulai belajar)
  • Program hidup bersih setiap hari
  • Outing secara berkala
  • Olahraga renang dan bela diri secara rutin mingguan
  • Olahraga memanah dan berkuda secara berkala

     b. Jenis program untuk membangun pola hidup berkah:
  • Tahfizhul Qur’an setiap hari
  • Sholat berjamaah di masjid/musholla setiap waktu
  • Safari Masjid setiap bulan
  • Membiasakan sholat sunnah setiap hari (sholat rawatib, sholat tahajud, sholat dhuha)
  • Membiasakan shaum sunnah (Senin dan Kamis, Rajab, Sya’ban, Syawal, ‘Arofah, Muharram atau puasa Daud)
  • Latihan berqurban (pada saat Idul Qurban) dengan uang tabungan sendiri
  • Latihan menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa di bulan Ramadhan dengan uang tabungan sendiri
  • I’tikaf minimal 10 hari terakhir Ramadhan

      c. Jenis program untuk membangun pola hidup teratur: Kegiatan Harian Siswa (KHS) yang                     sudah  ditetapkan dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali (sudah diberlakukan disiplin               aktifitas dan disiplin waktu)


     3. Meningkatkan jiwa kepemimpinan pada anak diskala publik
     Tahapannya :
  • Meningkatkan rasa percaya diri anak
  • Meningkatkan sikap tanggung jawab anak pada setiap aktifitasnya
  • Meningkatkan kemandirian pada setiap anak
  • Melatih kepemimpinan dalam komunitas dan masyarakat

Programnya :
  • Boarding
  • Piket setiap hari
  • Melatih anak menjadi imam (sholat lima waktu dan sholat Jumat) dan khatib Jumat
  • Membiasakan siswa presentasi di depan kelas di setiap pelajaran
  • Membiasakan siswa tampil di setiap forum pertemuan orang tua (diklat, parenting)
  • Lomba debat
  • Panggung orasi
  • Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ)
  • Class meeting setiap semester
  • Wisuda Tahfizhul Qur’an setahun sekali
  • Program ekstrakurikuler sepekan sekali
  • Berkemah dua kali setahun
  • Outing dua kali setahun
  • Bakti-sosial di tengah masyarakat
  • Enterpreneurship (mulai merintis usaha sendiri)
     4. Membangun sinergi dengan orang tua. Pendidikan di sekolah terintegrasi dengan pendidikan di          rumah
     Jenis program:

  • Program diklat dan parenting bagi orang tua (penyamaan persepsi tentang konsep pendidikan anak).
  • Pola komunikasi terbuka antara orang tua dan pihak sekolah
  • Komunikasi sekolah dengan orang tua secara berkala (bulanan) tentang keadaan dan prestasi anak
  • Pendampingan orang tua dalam melaksanakan pola hidup Islam saat anak pulang ke rumah

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Konsepnya bagus, gurunya berkualitas atau tidak?

Guru adalah orang-orang yang mengajarkan ilmu, sekaligus menjaditeladan bagi siswa.
Oleh karena itu, STP Khoiru Ummah memiliki standar kualifikasi guru sesuai dengan target pencapaian output pendidikan.
Peningkatan kualifikasi guru dilakukan melalui Diklat Level I, Diklat Level II, Diklat Level III, Workshop Bahasa, Workshop/Dauroh Tahfiz, Workshop Mata Pelajaran, yang semua itu wajib diikuti oleh semua guru STP Khoiru Ummah.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Legalitasnya bagaimana? (legalitas Yayasan, terdaftar atau tidak di Diknas/Depag?)

STP Khoiru Ummah merupakan sekolah tahfizh dengan kurikulum mandiri berbasis aqidah Islam. STP Khoiru Ummah di Pusat (Bogor) berdiri dibawah naungan Yayasan Khoiru Ummah Pembangun Peradaban dengan akte pendirian yayasan nomor 01 tanggal 04 Januari 2013.
Untuk Cabang STP KU legalitas yayasannya sesuai dengan yayasan yang menaungi masing-masing unit STP KU.
Ini dari sisi legalitas yayasan yang menaunginya.

Adapun dari sisi legalitas sekolah, apakah terdaftar sebagai homeschooling atau Madrasah atau Sekolah Islam Terpadu, maka tergantung pada unit Cabang STP KU mengurus perizinan pendirian sekolahnya ke Diknas, atau ke Depag.

Unit sekolah Cabang KU yang terdaftar sebagai Homeschooling, secara legalitas juga sudah diakui dalam bentuk PKBM yang legalitasnya tertuang dalam UU Sisdiknas No. 20, tahun 2003.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah lulusan STP KU mendapatkan ijazah?

STP Khoiru Ummah mengeluarkan ijazah sendiri bagi siswa yang telah memenuhi kualifikasi kelulusan yang ditetapkan oleh Dewan Kurikulum sesuai dengan level pendidikannya (TK/SD/SMP/SMA).
Selain itu siswa juga mendapatkan Ijazah dari Diknas/Kemenag melalui jalur paket A, B, C yang sama dengan ijazah formal, atau melalui jalur sekolah formal (apabila diperlukan).

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah lulusan STP KU bisa melanjutkan ke sekolah lain?

Lulusan STP Khoiru Ummah dapat diterima di luar sekolah Khoiru Ummah baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah lulusan STP KU bisa masuk ke Perguruan Tinggi?

Lulusan STP Khoiru Ummah dapat diterima di perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Lulusan SMA KU angkatan pertama ada yang diterima di UNS, UPI, UPN, UNJ, UNAND, Al Azhar Mesir.
Lulusan angkatan kedua ada yang diterima di UI, USU, UIN Bandung, Al Azhar Mesir.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Fiqihnya aliran apa?

STP Khoiru Ummah menempatkan al Qur’an sebagai sumber dari segala sumber ilmu.
Semua materi pelajaran yang diberikan sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As-Sunnah dengan memperhatikan dalil terkuat.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah ada hubungan antara STP Khoiru Ummah dengan kelompok tertentu?

STP Khoiru Ummah merupakan yayasan yang mandiri, tidak dibawah kelompok manapun dan tidak berafiliasi dengan kelompok manapun. STP Khoiru Ummah memiliki Visi dan Misi untuk melahirkan generasi pemimpin pembangun peradaban mulia. STP Khoiru Ummah siap bekerja sama dengan siapa saja yang memiliki Visi dan Misi yang sama.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mengapa siswa di STP Khoiru Ummah di level SMP dan SMA boarding? Apakah ada siswa Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah yang tidak boarding?

STP Khoiru Ummah memiliki program pendidikan mulai dari tingkat TK-SMA. Untuk tingkat TK dan SD tidak boarding karena masih membutuhkan pendampingan penuh dari orang tua.
Sedangkan untuk SMP dan SMA boarding karena mereka sudah memasuki usia mandiri, dan mereka membutuhkan suasana kondusif untuk lebih fokus meraih output yang dicanangkan STP Khoiru Ummah.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PROSES BELAJAR

STP Khoiru Ummah menerapkan metode pembelajaran talqiyyan fikriyyan. Apa yang dimaksud dengan Talqiyyan Fikriyyan?

Talqiyyan fikriyyan adalah metode penyampaian ilmu yang diarahkan untuk mencerdaskan akal (akal paham).
Prosesnya dengan cara memberikan konsep/pemikiran kepada siswa, lalu siswa menerima/membenarkan ilmu tersebut melalui proses berfikir yang dilakukannya, sehingga siswa menjadikannya sebagai pemikirannya sendiri.
Ilmu yang telah dipahami, diarahkan untuk membangun kesadaran sekaligus sebagai landasan sikap dan perilakunya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sejauh mana peran orang tua dalam menopang pembelajaran anak?

Keterlibatan orang tua dalam mendidik anak-anaknya menjadi penentu keberhasilan proses pembelajaran anak.
Anak sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang orang tua untuk membangun spirit/semangat hidupnya, termasuk semangat belajarnya.
Pengarahan, pendampingan, do’a dan teladan orang tua sangat dibutuhkan anak dalam proses belajar di rumah.
Dengan demikian senantiasa terjadi sinergi dan integrasi pembelajaran di sekolah dan di rumah.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah target Khoiru Ummah tercapai selama ini?

InSya’Allah tercapai, apabila semua komponen terlibat aktif dalam proses pendidikan anak.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kira-kira berapa persen capaian output STP Khoiru Ummah?

InSya’Allah tercapai 100 persen.
Apabila semua program yang dicanangkan terealisasi dengan baik dan semua komponen yang menjadi pilar pendidikan terlibat secara aktif.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah siswa STP Khoiru Ummah diperbolehkan membawa bekal?

Siswa STP Ummah tingkat TK/RA dan SD tidak diperbolehkan membawa bekal snack sendiri karena sudah disiapkan di sekolah demi membangun budaya makan makanan halal dan thoyyib.
Untuk makan siang, siswa STP KU tingkat TK/RA dan SD disediakan catering oleh sekolah, namun boleh juga membawa bekal makan siang sendiri dengan syarat makanan yang halal dan tyoyyib. Untuk STP KU tingkat SMP dan SMA, snack dan makan sudah disiapkan di asrama, namun demikian dibolehkan membawa bekal ke sekolah/asrama dengan syarat makanan yang halal dan tyoyyib.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mengapa siswa kelas 1 SD Khoiru Ummah tidak membawa buku jika pergi sekolah?

Sebenarnya siswa kelas 1 SD Khoiru Ummah belajar apa?

Pembelajaran di STP Khoiru Ummah fokus untuk mencerdaskan akal dan mensholehkan jiwa dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan.
Untuk kelas 1 SD fokus mengandalkan lisan dalam semua proses pembelajaran sehingga anak merasa ringan, mudah dan nyaman.
Oleh karena itu tidak perlu membawa buku, cukup membawa laporan prestasi saja (buku KHS, buku prestasi tahfizh dan buku prestasi Metode Ummi)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah di program TK/RA Khoiru Ummah ada ‘baca-tulis’-nya?

Anak usia TK/RA sebenarnya belum membutuhkan baca-tulis.
Yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk mendengar dan berbicara.
Hal ini diperlukan untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya dalam berkomunikasi.
Rasa percaya diri dan kemampuan berkomunikasi ini sangat penting sebagai modal belajar dan bersosialisasi dengan komunitasnya tanpa beban.
Baca-tulis baru diajarkan pada akhir semester kelas B TK/RA Khoiru Ummah apabila diperlukan. Belajar baca-tulis sebaiknya dilakukan apabila anak sudah muncul minatnya, sudah cermat identifikasinya terhadap bentuk huruf dan sudah bisa duduk tertib.
Sehingga belajar baca-tulis itu menyenangkan dan tidak menjadi beban.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah di STP Khoiru Ummah ada les tambahan?

Pada umumnya tidak perlu ada les tambahan.
Namun kadang-kadang diperlukan pada anak-anak tertentu.
Bagi mereka yang memerlukan les tambahan (misalnya kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA), akan difasilitasi oleh pihak sekolah.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah semua siswa STP Khoiru Ummah bisa mengikuti program tahfizhul Qur’an yang dicanangkan?

InSya’Allah bisa. Modal tahfizhul Qur’an sebenarnya sangat sederhana, yaitu mendengar secara berulang-ulang bagi anak usia TK/RA maupun bagi siswa SD yang belum bisa membaca Al-Qur’an sendiri.
Sedangkan untuk siswa yang sudah bisa membaca Al-Qur’an, maka prosesnya adalah mendengar dan membaca dengan suara lantang secara berulang-ulang surat atau kumpulan ayat yang sedang menjadi target hafalannya. Selama anak bisa mendengar dan berbicara, InSya’Allah bisa mengikuti program tahfizhul Qur’an.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa saja kegiatan setiap hari Sabtu-Ahad di asrama (boarding) STP Khoiru Ummah?

Hari Sabtu dan Ahad termasuk waktu pembelajaran.
Programnya meliputi Tahfizhul Qur’an, tasmi’, Musabaqoh Hifzhul Qur’an (MHQ), ekstra kulikuler, olahraga (bela diri, memanah, berenang), panggung prestasi, safari masjid, bakti-sosial dan kegiatan-kegiatan insidental lainnya.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mengapa kegiatan mabit di STP Khoiru Ummah tingkat SD diadakan setiap seminggu sekali ?

Mabit di STP Khoiru Ummah tingkat SD diadakan sekali seminggu dalam rangka menumbuhkan rasa tanggung jawab, kemandirian dan kepemimpinan siswa.
Disamping itu ada beberapa pelajaran yang belum mendapat porsi waktu di pagi hari.
Oleh karena itu perlu tambahan waktu di sore hari (terintegrasi dalam jadwal mabit)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PEMBIAYAAN

Berapa biayanya jika sekolah di STP Khoiru Ummah?

Setiap unit cabang STP Khoiru Ummah yang berada dalam satu kota, pembayarannya sama.
Jika berbeda kota, pembayaran akan berbeda.
Hal ini terkait dengan tingkat kehidupan perekonomian setempat (daya beli masyarakat). Juga terkait dengan ketersediaan sarana dan prasarana (ada wakaf atau tidak).
Namun, sekalipun berbeda dalam pembayaran, STP Khoiru Ummah memiliki standar yang sama dalam output, proses pembelajaran dan manajemen pengelolaan sekolah.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mengapa STP Khoiru Ummah sebagai sekolah Islam biayanya relatif mahal?

Mahal itu relatif.
Siapapun yang terlibat dalam proses pendidikan yang bertujuan melahirkan output ideal, pasti paham bahwa biaya pendidikan itu besar.
Layaknya memang biaya pendidikan ditanggung oleh negara.
Hanya saja, saat ini negara tempat kita tinggal tidak menanggung biaya pendidikan warga negaranya. Terpaksalah seluruh biaya ditanggung oleh orang tua masing-masing anak.
Bagi orang tua yang peduli pendidikan, pasti akan bersedia menanam investasi pendidikan anaknya untuk masa depan gemilang bagi anak dan keluarganya di dunia dan akhirat.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mengapa Diklat bagi orang tua berbiaya mahal?

Untuk meraih output pendidikan yang ideal, diperlukan pendidik berkualitas, baik posisinya sebagai pendidik di sekolah maupun di rumah.
Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak perlu menguasai konsep pendidikan anak berdasarkan Islam, serta memiliki kompetensi yang tinggi dalam mendidik anak.
Dengan demikian diklat sangat penting sebagai pembekalan bagi orang tua untuk menjadi pendidik terbaik bagi anak-anaknya.
Oleh karena itu pembiayaan diklat sebenarnya tidak seberapa dibandingkan dengan ilmu dan keahlian yang diperoleh selama diklat.
Pengorbanan tenaga, waktu dan dana orang tua untuk kepentingan menuntut ilmu yang dapat meningkatkan kompetensinya sebagai guru pertama dan utama, InSya’Allah merupakan amal sholih yang akan mendapatkan pahala berlipat ganda di sisi Allah SWT.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah di STP Khoiru Ummah ada biaya tambahan?

Semua pembiayaan di STP Khoiru Ummah sudah dihitung dalam bentuk SPP, biaya operasional tahunan (siswa lama dan siswa baru) dan uang pangkal (siswa baru).
Yang belum ditetapkan adalah biaya wisuda tahfizh dan biaya wisuda pelepasan siswa tingkat akhir, biaya santunan anak yatim di bulan Ramadhan dan Qurban.
Biaya santunan anak yatim di bulan Ramadhan dan Qurban sengaja dibuat dalam bentuk tabungan anak untuk menumbuhkan rasa kecintaan, tanggungjawab dan kemandirian anak dalam beribadah kepada Allah SWT.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah ada beasiswa di STP Khoiru Ummah?

InSya’Allah ada.

STP Khoiru Ummah Tingkat Dasar:

  • Beasiswa berupa potongan 100% uang pangkal diberikan kepada siswa yang saat masuk kelas 1 sudah hafal 2 juz lancar dan lulus tasmi’.
  • Beasiswa berupa potongan 50% uang pangkal diberikan kepada siswa yang saat masuk kelas 1 sudah hafal 1 juz lancar dan lulus tasmi’.
  • Beasiswa bebas SPP diberikan kepada siswa yang mampu menghafal minimal 2 juz per semester lancar dan lulus tasmi’.
  • Beasiswa potongan 50% SPP diberikan kepada siswa yang mampu menghafal minimal 1,5 juz per semester lancar dan lulus tasmi’.
  • Alumni TK Khoiru Ummah
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

STP Khoiru Ummah Tingkat Menengah Pertama:


  • Beasiswa berupa potongan uang pangkal diberikan kepada siswa yang saat masuk kelas 7 sudah hafal 6 juz lancar dan lulus tasmi’.
  • Beasiswa bebas SPP diberikan kepada siswa yang berhasil menambah hafalan baru 5 juz per semester, hafalan lancar dan lulus tasmi’
  • Beasiswa potongan 50% SPP diberikan kepada siswa yang berhasil menambah hafalan baru 3 juz per semester, hafalan lancar dan lulus tasmi’
  • Alumni SD Khoiru Ummah

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

STP Khoiru Ummah Tingkat Menengah Atas:


  • Beasiswa berupa potongan 100% uang pangkal diberikan kepada siswa yang masuk kelas 10 sudah hafal 15 juz lancar dan lulus tasmi’ pada saat observasi calon siswa.
  • Beasiswa berupa potongan 50% uang pangkal diberikan kepada siswa yang saat masuk kelas 10 sudah hafal 10 juz lancar dan lulus tasmi’ pada saat observasi calon siswa.
  • Beasiswa bebas SPP diberikan kepada siswa yang berhasil menambah hafalan baru 6 juz per semester, hafalan lancar dan lulus tasmi’
  • Beasiswa potongan 50% SPP diberikan kepada siswa yang berhasil menambah hafalan baru 4 juz per semester, hafalan lancar dan lulus tasmi’
  • Alumni SMP Khoiru Ummah

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PROSEDUR PENERIMAAN

Mengapa setiap orang tua siswa STP Khoiru Ummah diharuskan mengikuti diklat ?

STP Khoiru Ummah bertujuan melahirkan generasi pemimpin pembangun peradaban mulia.
Diantara profil lulusannya adalah memiliki kepribadian Islam.
Untuk meraih target output tersebut, diperlukan terjadinya sinergi dan integrasi antara pendidikan di sekolah dan pendidikan di rumah.
Orang tua berperan sebagai pendidik di rumah.
Bahkan posisinya sebagai guru pertama dan utama bagi anak-anaknya.
Dengan demikian diperlukan kesamaan visi-misi, dan kemampuan mendidik pada setiap orang tua dan guru.
Untuk itulah orang tua dan guru sama-sama wajib mengikuti Diklat Pendidik Generasi Khoiru Ummah

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mengapa lokasi penyelenggaraan Diklat itu jauh?

Jauh-dekat itu relatif.
Penyelenggaraan diklat membutuhkan fasilitas dan suasana yang kondusif dalam pembelajaran selama Diklat.
Oleh karena itu di setiap Diklat selalu dipertimbangkan tempat/lokasi yang nyaman dan kondusif bagi trainer, peserta dan panitia.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bagaimana prosedur menjadi siswa di STP Khoiru Ummah?

Prosedur menjadi siswa di STP Khoiru Ummah melalui beberapa tahapan.

  • Tahap 1 : Pengambilan dan pengisian formulir pendaftaran
  • Tahap 2 : Penyerahan formulir pendaftaran dan berkas administratif
  • Tahap 3 : Diklat I bagi kedua orang tua (bapak dan ibu)
  • Tahap 4 : Observasi calon siswa dan wawancara orang tua
  • Tahap 5 : Pengumuman calon siswa yang diterima menjadi siswa STP Khoiru Ummah
  • Tahap 6 : Pendaftaran ulang dan penandatanganan komitmen kedua orang tua


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah STP Khoiru Ummah menerima siswa pindahan dari sekolah lain? Bagaimana prosedurnya?

STP Khoiru Ummah bisa menerima siswa pindahan dari sekolah lain baik dari sekolah formal maupun nonformal.
Prosedurnya secara umum sama dengan prosedur penerimaan siswa baru.
Penentuan penempatan kelas bagi siswa pindahan, didasarkan pada hasil observasi calon siswa dan wawancara serta komitmen dari kedua orang tua calon siswa.
Pihak pengelola dan kepala sekolah yang berwewenang memutuskan berdasarkan hasil observasi calon siswa dan wawancara kedua orang tua calon siswa.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bagaimana cara membuka cabang Khoiru Ummah?

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi STP Khoiru Ummah, Yayasan Khoiru Ummah Pembangun Peradaban membuka peluang kepada masyarakat yang peduli generasi untuk bekerjasama dalam mengimplementasikan konsep pendidikan yang diadopsi oleh STP Khoiru Ummah.
Adapun tahap dan prosedur pembukaan cabang STP Khoiru Ummah adalah sebagai berikut:

Tahap pertama :

  • Calon pengelola mengikuti Diklat Pendidik Generasi Khoiru
  • Ummah sesuai level TK/RA atau level SD

Tahap kedua :

  • Mengajukan proposal pembukaan cabang kepada Direktur Bidang Pembukaan Cabang Baru Yayasan Khoiru Ummah Pembangun Peradaban dengan menyatakan siap mengikuti semua syarat dan ketentuan pembukaan cabang STP Khoiru Ummah.

Tahap ketiga :

  • Calon kepala sekolah dan guru (minimal 3 orang) mengikuti Diklat Pendidik Generasi Khoiru Ummah sesuai level TK/RA atau level SD.

Tahap keempat :

  • Observasi/verifikasi kelayakan calon cabang STP Khoiru Ummah

Tahap kelima :

  • Penandatanganan kesepakatan bersama (MoU = Memorandum of Understanding) antara Ketua Yayasan Khoiru Ummah Pembangun Peradaban, dengan pemilik yayasan yang akan mengelola cabang baru STP Cabang Khoiru Ummah.

Tahap keenam :

  • Status Cabang KU dapat diperoleh setelah penandatanganan MoU oleh kedua belah pihak. Untuk selanjutnya sekolah tersebut boleh menggunakan nama, logo dan semua atribut STP Khoiru Ummah. 
  • Jika belum lolos verifikasi dan belum penandatanganan MoU maka tidak diperkenankan mendirikan sekolah atas nama STP Khoiru Ummah, dan dilarang menggunakan nama, logo beserta atribut STP Khoiru Ummah.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SARANA

Fasilitas apa saja yang dimiliki STP Khoiru Ummah?

STP Khoiru Ummah memiliki fasilitas tempat belajar, tempat bermain dan olah raga, tempat sholat, tempat wudhu, toilet, perpustakaan, ruang guru dan tempat makan.
Khusus untuk SMP dan SMA, ada asrama sebagai tempat tinggal siswa.
Ruang belajar tidak harus gedung, boleh dalam bentuk saung.
Yang penting proses belajar bisa berjalan lancar dan siswa nyaman belajar.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apakah di STP Khoiru Ummah diadakan catering?

Untuk TK/RA dan SD, catering bisa disediakan sekolah untuk snack dan makan siang yang halal dan thoyyib.
Hal ini diselenggarakan untuk membiasakan budaya makan makanan yang halal dan thoyyib.
Untuk SMP-SMA catering disediakan sekolah untuk snack pagi dan makan 3 kali sehari

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di sebagian STP Khoiru Ummah terlihat tidak ada gedung. Siswa belajarnya di mana?

Ruang belajar di STP Khoiru Ummah tidak diharuskan berbentuk gedung, boleh dalam bentuk saung atau menggunakan ruangan yang ada di rumah.
Yang penting proses belajar bisa berjalan lancar dan siswa nyaman belajar.